Syarifuddin Mengucapkan Sumpah Jabatan Sebagai Wakil Ketua MA Bidang Yudisial di Depan Presiden Jokowi

Penulis : , Tanggal Posting : 04 Mei 2016

Jakarta, Selasa 3 Mei 2016. Dr. H. M Syarifuddin, SH., MH mengucapkan sumpah jabatan sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yudisial. Pengucapan sumpah dilakukan di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Acara pengucapan sumpah tersebut dilakukan di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, sekitar pukul 10.05 WIB. Dr. H. M Syarifuddin, SH., MH diangkat menjadi Wakil Ketua MA bidang Yudisial sesuai dengan Keputusan Presiden RI No 48 P Tahun 2016 tentang pemberhentian Ketua Muda Pengawasan MA dan pengangkatan Wakil Ketua MA bidang Yudisial.

Acara pelantikan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sumpah yang dilakukan oleh M Syarifuddin, dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara yang disaksikan oleh Presiden. Acara pelantikan Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial diakhiri dengan iringan lagu Indonesia Raya.

Dr. H. M. Syarifuddin, SH., MH dilantik sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial menggantikan posisi Hakim Agung Mohammad Saleh yang sudah memasuki masa pensiun mulai 1 Mei 2016. Proses pemilihan Wakil Ketua MA Bidang Yudisial diikuti oleh para hakim agung yang aktif, dan dilakukan secara terbuka dengan mekanisme pengambilan suara terbanyak atau voting.

Acara pelantikan ini di hadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua MA Hatta Ali. Selain itu hadir juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Jaksa Agung M Prasetyo, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MA Bid. Non Yudisial Suwardi dan Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie serta para undangan lainnya.

Setelah seluruh prosesi pelantikan selesai, hadirin menyampaikan ucapan selamat kepada Wakil Ketua MA Bidang Yudisial dengan di dahului ucapan selamat dari Presiden dan para undangan lainnya. 

Sumber : www.mahkamahagung.go.id