PERCEPATAN PENYERAPAN ANGGARAN TA 2017

Penulis : , Tanggal Posting : 09 Agustus 2017

Berdasarkan pantauan Sistim Monitoring dan Evaluasi Penganggaran (Aplikasi SMART) dan Online Monitoring Sistim Perbendaraan dan Anggaran Negara (OMSPAN) bahwa sampai dengan tanggal 20 Juli 2017 Mahkamah Agung ada pada peringkat 1 (satu) dari 87 Kementerian Lembaga dengan persentase 55,79%,  tetapi persentase penyerapan anggaran untuk belanja modal baru mencapai 30.81%.

Gunapercepatan  realisasianggarandan  antisipasiakhir  tahun  yang  tinggal beberapabulanlagi,sebagaitindaklanjut,diminta  Saudarauntuksegera:

1.  Merealisasikan pengadaan barang/jasa  pada  satuan  kerja  masing-masing dengan memperhatikan peraturan yang berlaku sehingga tidak terjadi penumpukan tagihan pada akhir tahun.

2. Mengidentifikasi pengadaanbarang/jasayang belumterealisasi,agar segera direalisasikan

3. Apabila anggaran belanja modal yang sudah dialokasikan tidak memungkinkan untuk direalisasikan karena satu dan lain hal agar Saudara segera melakukan koordinasi dengan Biro Perencanaan dan  Organisasi serta Biro Perlengkapan supaya segera dilakukan realokasi belanja modal untuk  satker yang  membutuhkan  dan  sifatnya sangat prioritas

4.  Segera  menyelesaikan  proses  pembayaran  untuk  pekerjaan  yang  telah  selesai terminnyaataukegiatanyangtelahselesaipelaksanaannya.

5.  Segera menyampaikan data  kontrak  ke KPPN paling  lambat  5 hari  kerja  setelah kontrak ditandatangani  serta  mempedomani  norma  waktu  penyelesaian tagihan sebagaimana diatur dalamPMK190/PMK.05/2012.

6.  Penyelesaian tagihan dipergunakan sebagai salah satu indikator mengingat ketepatan penyelesaian tagihan mencerminkan kelancaran pelaksanaan kegiatan dan kepatuhan   serta  menunjukkan   komitmen   dan   berpengaruh   langsung   pada penyerapan anggaran Kementerian Negara Lembaga.

7.  Meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait untuk penyelesaian permasalahan yang dihadapi

Sumber : www.mahkamahagung.go.id