MA Selenggarakan Bimtek ToT SIPP Versi 32 Tahap I

Penulis : , Tanggal Posting : 09 Agustus 2017

Bagian Pengembangan Sistem Informatika pada Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis ToT Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Versi 32 Tahap I. Pelaksanaan kegiatan ini bertempat di Auditorium Gedung Pusdiklat Mahkamah Agung RI Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu malam pukul 20.00 WIB tanggal 2 Agustus 2017.

Kegiatan ini di awali laporan dari Ketua Panitia dari Kepala Bagian Pengembangan Sarana Informatikan Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Supriyadi Gunawan, S. Sos., MM, melaporkan kegiatan Bimbingan Teknis ToT SIPP Tahap I pada 4 (Empat) Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia ini di ikuti sebanyak 79 peserta berasal dari 4 (empat) lingkungan peradilan seluruh Indinesia.

Para peserta ini telah di pilih dan di tentukan oleh Tim Development Aplikasi SIPP Versi 32 Tahap I yang akan di jadikan sebagai agen – agen atau para tarainer untuk di sebar ke seluruh pengadilan, kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari ke depan di mulai pada malam ini tanggal 2 Agustus sampai dengan tanggal 5 Agustus 2017. Para peserta ini akan mendapatkan materi pelatihan SIPP Versi 32 tahap I dari para Tim Development dalam hal ini selaku pengembangan aplikasi SIPP Mahkamah Agung RI.

Mengawali sambutannya Kepala Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI menyatakan bahwa reformasi birokrasi Mahkamah Agung RI dalam hal pengembangan IT merupakan komitmen pimpinan MA, seperti aplikasi SIPP ini akan mengubah system data manual ke digital, kegiatan bimbingan teknis ToT SIPP tahap I ini merupakan aplikasi SIPP versi 32 yang telah di sempurnakan dari SIPP versi sebelumnya.

Mahkamah Agung RI telah memiliki banya website seperti masing-masing Dirjen dan Badan di lingkungan MA ada web badilum, badilag, badimiltun, bawas, balitbang diklat, bua dan kepaniteraan sehingga banyak membingungkan masyarakat, kedepan di harapkan agar satu jendela aplikasi website Mahkamhah Agung RI agar dapat memudahkan masyarakat.

Dengan system aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah, dengan system ini  kedepan sumberdaya manusia di pengadilan tidak perlu banyak karena dengan aplikasi IT, kecuali teknis, teknis junga mengalami suatu perubahan dengan adanya bentuk templet putusan dan berita acara yang sudah di sediakan formatnya dengan tujuan wan day publis dan wan day minut dapat terlaksana di tahun 2018.

Sekarang MA telah memulai perubahan data atau migrasi data dari manual ke era digital yang berbasi aplikasi IT, aplikasi SIPP ini yang mengerti hanya orang pengadilan seperti kepolisian, kejaksaan dan rutan atau tidak mengetahui aplikasi SIPP ini yang merupakan produk unggulan Mahkamah Agung RI di harapkan kedepan para ketua pengadilan dapat mensosialisasikan aplikasi ini ke para instansi terkait seperti kepolosian, kejaksaan dan rutan/lapas.

Di akhir sambutannya karo humas mengharapkan kedepan bagian pengembangan IT untuk dapat para trainer-trainer ini yang akan menjadi agen-agen SIPP ke pengadilan-pengadilan seluruh Indonesia, kegiatan ini di buka secara resmi oleh Karo Humas Abdullah dengan ketukan palu sebanyak tiga kali.

Kegiatan bimbingan teknis ini di akhiri dengan pemaparan singkat dari Tim Development aplikasi SIPP versi 32 tahap I dan do’a yang di pimppin oleh Karo Humas

 

Sumber : www.mahkamahagung.go.id